10 Negara yang Disebut Memiliki Polisi Terkorup di Dunia

10 Negara yang Disebut Memiliki Polisi Terkorup di Dunia

Ini 10 Negara yang Disebut Memiliki Polisi Terkorup di Dunia

KABARBERITAONLINE – Dengan harafiah, polisi ialah satu pranata umum sipil yang mengawasi ketertiban, keamanan serta penegakan hukum di semua lokasi negara. Ada beberapa negara yang mempunyai polisi terkorup di dunia ini.

Sedang kepolisian ialah salah satunya instansi terpenting yang mainkan pekerjaan penting menjadi penjaga keamanan, ketertiban serta penegakan hukum, hingga instansi kepolisian tentu berada di negara berdaulat.

Lepas dari peranannya menjadi pelindung serta pengayom penduduk, nyatanya ada polisi yang “bentrok” dari sumpahnya menjadi penegak hukum serta melakukan perbuatan korup.

Segelintir pelaku di sejumlah negara masih tetap ada yang ingin mencari keuntungan pribadi, seperti uang atau jabatan, lewat penyalahgunaan kekuasaan, contohnya terima suap saat lakukan penyidikan atau penangkapan.

Dalam beberapa waktu paling akhir, ada banyak masalah kekerasan yang dikerjakan polisi pada masyarakat sipil atau masyarakat biasa. Ini laku di semua dunia, tidak kecuali Indonesia. Demikian seperti diambil Wonderlist, Jumat (12/10/2018).

Terdapat beberapa pasukan polisi yang diketahui sebab kewibawaannya, karakter adilnya, tingak lucunya, sampai ketegasannya. Akan tetapi ada juga yang tidak manusiawi, korupsi, serta beraktivitas jahat yang lain.

Banyak polisi yang dibayar dengan upah rendah serta ingin membuahkan uang penambahan, hingga mereka berubah ke korupsi. Tapi aksi egois mereka sudah mengakibatkan sebagian besar rusaknya di beberapa negara yang begitu memerlukan pertolongan.

Tersebut 10 negara yang dimaksud mempunyai polisi terkorup dalam dunia, seperti dikutip dari Wonderlist:

1. Haiti

Negara yang menempati tempat paling atas ialah Haiti. Polisi Haiti dengan negatif memengaruhi penduduk serta budaya lokal dengan praktek yang tidak etis.

Dalam beberapa waktu paling akhir, Kepolisian Nasional Haiti (HNP) sudah melanggar beberapa hak asasi manusia serta undang-undang, seperti penculikan, perdagangan narkoba serta lakukan tindak brutal. Mereka bahkan juga menampik menahan atau menyikapi kekerasan berkaitan geng.

Pelanggaran hukum HNP nampaknya sudah dikit mereda sesudah musibah gempa bumi mengguncang negara itu pada Januari 2010.

2. Meksiko

Meksiko tempati rangking ke-2 menjadi negara dengan polisi terkorup. Belakangan ini, situasi di Meksiko tengah “panas”, lebih saat Donald Trump menetapkan kebijaksanaan barunya berkaitan imigran, dan ramainya pembunuhan politisi.

Namun, polisi di negara itu malah makin jadi memperburuk keadaan. Mereka lakukan tindak korupsi untuk memperoleh uang, karena upah serta bayaran mereka termasuk rendah.

Polisi Meksiko biasanya akan menyogok beberapa penjahat serta memeras wisatawan mancanegara, dengan dalih yang tidak dimengerti oleh korbannya. Pelaku itu umumnya akan memberikan korbannya pilihan “plata o plomo,” yang bermakna terima suap atau terbunuh.

Polisi Meksiko ikut merajut kerja sama juga dengan kartel narkoba –melindunginya– serta mengendalikan perdagangan obat-obat terlarang. Mereka seringkali meremehkan kejahatan yang dilaporkan serta tidak menyelidiknya.

Diluar itu, mereka ikut sering memenjarakan masyarakat yang tidak bersalah untuk menutupi pekerjaan kotor mereka.

3. Kenya

Menurut laporan survey paling baru dari Transparency International, 92% masyarakat sipil Kenya memandang polisi di negaranya menjadi yang sangat korup. Banyak masyarakat yang sudah membayar suap pada polisi saat 12 bulan paling akhir.

Penyalahgunaan ini digunakan beberapa orang untuk memperoleh jalan masuk ke beberapa service, seperti Bea Cukai, perawatan kesehatan, pendidikan, kepolisian, pendaftaran serta izin spesial.

Penduduk Kenya bahkan juga membayar suap pada beberapa service umum.

4. Myanmar

Myanmar ada di rangking ke-4 menjadi negara dengan lembaga kepolisian yang memiliki masalah.

Polisi di negara itu diketahui senang memeras wartawan yang akan lakukan investigasi kriminil. Demikian perihal dengan masyarakat sipil.

Seperti didapati, Myanmar diperintah oleh rezim militer yang begitu otoriter. Oleh karenanya, polisi Myanmar serta hak-hak masyarakat negaranya ada dibawah kendali langsung militer.

5. Irak

Polisi Irak mempunyai riwayat panjang dengan masalah korupsi.

Polisi Irak seringkali tersandung dalam penculikan, pembayaran uang tebusan, serta penyuapan. Mereka dapat dibuktikan tidak berhasil dalam mengatur usaha terorisme serta tidak dapat membuat perlindungan masyarakat sipil.

6. Somalia

Polisi Somalia ada di rangking ke-6 diantara yang sangat korup dalam dunia. Negara yang dirundung perang ini selalu melawan kesusahan besar. Aparat kepolisian diketahui sering lakukan praktek korup sebab mereka dibayar rendah.

Sejumlah besar perwira polisi Somalia bahkan juga ikut serta dalam tindak kriminil seperti perampasan, pemerasan, penyuapan serta pelecehan.

7. Afghanistan

Polisi Afghanistan diketahui senang memeras masyarakat sipil serta lakukan kekerasan di pos kontrol polisi di semua negeri. Polisi ikut menyogok beberapa orang bersalah supaya mereka dapat terlepas dari hukuman penjara atau untuk hindari penangkapan.

8. Sudan

Sudan ialah salah satunya negara terkorup berdasar pada beberapa jenis fakta. Bukan sekedar bekas presiden Oman Al-Bashir yang sudah didakwa atas kejahatan perang serta genosida, tapi negara ini pula menanggung derita sebab polisi yang korup.

Polisi Sudan didapati suka memeras masyarakat sipil untuk meningkatkan pendapatan mereka. Mereka ikut jarang ajukan laporan atau menyelidik tindak kejahatan.

Keadaan ini diperparah dengan pemakaian kekerasan serta pembalasan pada beberapa orang yang merintih mengenai pelanggaran polisi.

9. Rusia

Dalam beberapa waktu paling akhir, ada laporan yang menguak mengenai praktek korupsi serta tindak kejahatan yang dikerjakan oleh petugas kepolisian Rusia.

Kebrutalan, pemerasan, suap serta tangkap masyarakat yang tidak bersalah ialah contoh dari kealpaan polisi di Negeri Beruang Merah. Perihal ini dikerjakan untuk penuhi kuota bulanan serta keperluan pribadi mereka.

10. Pakistan

Polisi Pakistan masuk dalam rincian 10 aparat terkorup dalam dunia dalam satu survey yang dikerjakan oleh pengawas anti-korupsi internasional.

Banyak masyarakat menjelaskan, kepolisian ialah bidang sangat korup dari pemerintah Pakistan. Kebrutalan polisi, pemerasan, penyuapan, serta penangkapan masyarakat yang tidak bersalah ialah beberapa yang sering dikerjakan mereka.

Polisi Azad Jammu and Kashmir (AJK) menempati rangking paling atas yang sangat jelek dalam korupsi serta penyalahgunaan kekuasaan –di Pakistan. Sedang polisi Punjab ialah polisi terburuk ke-2 di negara itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *