Hasil Survei Konsepindo Mayoritas Ormas Islam Dukung Jokowi Kecuali FPI

Hasil Survei Konsepindo Mayoritas Ormas Islam Dukung Jokowi Kecuali FPI

Hasil Survei Konsepindo Mayoritas Ormas Islam Dukung Jokowi Kecuali FPI

KABARBERITAONLINE – Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo) mengatakan sebagian besar ormas Islam dukung Jokowi-Ma’ruf dalam Pemilihan presiden 2019. Hasil dari survey, sekitar 52,2 % kelompok Nadhlatul Ulama pilih Jokowi-Ma’ruf. Sesaat 38,8 % bekasnya pilih paslon nomer urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman menjelaskan, pencapaian nada itu diambil 40,2 % dari keseluruhan 1.200 responden yang disurvei. Jumlahnya 40,2 % itu adalah hasil responden yang terasa jadi sisi anggota atau sebatas partisipan NU.

“Akhirnya sebagian besar NU pilih Jokowi-Ma’ruf. Akan tetapi pencapaian angka untuk Prabowo-Sandi pun cukuplah tinggi,” tutur Veri waktu menuturkan hasil survey di Jakarta, Rabu (13/3).

Sesaat 46,2 % kelompok Muhammadiyah pun pilih Jokowi-Ma’ruf. Sedang bekasnya 31,3 % pilih Prabowo-Sandi. Hasil itu didapat 6,4 % dari keseluruhan responden yang terasa jadi sisi anggota atau sebatas partisipan Muhammadiyah.

Sekitar 66,7 % kelompok Instansi Dakwah Islam Indonesia (LDII) pun pilih paslon nomer urut 01. Sesaat 33,3 % bekasnya pilih Prabowo-Sandi.

“Nada sebagian besar untuk Prabowo-Sandi datang dari ormas Persis, FPI, serta Alkhairaat,” tuturnya.

Hasil dari survey tunjukkan 83,3 % kelompok FPI pilih paslon nomer urut 02. Sesaat tidak ada yang pilih Jokowi-Ma’ruf serta 16,7 % tidak pilih. Hasil itu didapat dari 0,6 keseluruhan responden yang terasa sisi anggota atau sebatas partisipan FPI.

Untuk Persis, lanjut Veri, dari 0,3 % responden sekitar 66,7 % pilih Prabowo-Sandi serta 33,3 % pilih Jokowi-Ma’ruf. Sesaat Al Khairaat dari 0,1 % responden sekitar 100 % pilih Prabowo-Sandi.

Periset LIPI Syamsudin Haris lihat hasil survey di kelompok NU serta Muhammadiyah ini menjadi kejadian yang lumayan menarik. Sampai kini, katanya, anggapan pilihan masyarakat Muhammadiyah condong ke Prabowo-Sandi. Akan tetapi hasil dari survey tunjukkan semakin banyak yang pilih Jokowi-Ma’ruf.

“Demikian demikian sebaliknya, NU pun nyatanya tidak menguasai (pilih Jokowi-Ma’ruf),” katanya.

Syamsudin memandang, hasil survey itu bisa jadi kesempatan buat team kampanye Prabowo-Sandi untuk memperoleh nada semakin banyak di kelompok Nahdliyin. “Agar suport Prabowo-Sandi ini bertambah di Jawa, sebab kan konstelasi Nahdliyin ini banyak di Jawa,” kata Syamsudin.

Survey ini dikerjakan pada 17-24 Februari 2019 di 34 propinsi dengan sampel sebanyakh 1.200 responden. Sampel diambil memakai cara acak bertingkat dengan margin error sebesar 2,9 % pada tingkat keyakinan 95 %.

Responden adalah masyarakat negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun atau lebih serta miliki hak pilih dalam pemilu yang akan datang.

Konsepindo adalah instansi survey yang diklaim sudah dibuat semenjak tahun 2008. Instansi survey ini seringkali sudah lakukan survey di tingkat pemilihan kepala daerah Sumut, Sulsel, Riau, Banten, serta beberapa lokasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *