KPU Sebut Ada Lima Debat Pilpres 2019

KPU Sebut Ada Lima Debat Pilpres 2019

KPU Sebut Ada Lima Debat Pilpres 2019

KABARBERITAONLINE – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menjelaskan debat pilpres 2019 akan diselenggarakan sekitar lima kali dalam kurun waktu Januari sampai April 2019, di Jakarta.

“Telah disetujui lima kali debat, tempatnya akan dikerjakan di Jakarta,” tutur Arief, waktu mengemukakan hasil Rapat Persiapan Debat Pasangan Capres-Cawapres Pemilu 2019, di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/12).

Dia merinci, debat perdana akan diselenggarakan pada 17 Januari 2019. Debat ini akan dibarengi oleh pasangan capres-cawapres peserta pemilu, yaitu Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Topik debat yaitu berkaitan rumor hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, serta terorisme.

Debat ke-2, sambungnya, akan diselenggarakan 17 Februari 2019 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. Debat kesempatan ini cuma dibarengi oleh beberapa capres saja. Topik debat ialah daya serta pangan, sumber daya alam serta lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Debat ke-3, akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta. Debat dibarengi oleh beberapa cawapres saja. Topik debat berkaitan rumor pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial serta kebudayaan.

Debat ke empat, kata Arief, akan diselenggarakan pada 30 Maret 2019, di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan. Debat yang dibarengi oleh capres saja ini mengangkat rumor ideologi, pemerintahan, pertahanan serta keamanan, dan jalinan internasional.

Sesaat, lanjut Arief, debat ke lima belum juga ditetapkan tentang saatnya. KPU bersama dengan pihak kadidat akan mengulas pada rapat pengaturan selanjutnya. Akan tetapi, tempatnya telah dipastikan, yaitu di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, serta dibarengi oleh capres-cawapres.

Tentang topik debat paling akhir, Arief menyebutkan rumor ekonomi serta kesejahteraan sosial, keuangan serta investasi, perdagangan serta industri.

“Debat ke lima jadwalnya akan dipastikan lalu, sebab semasing paslon akan lihat agenda mereka di bulan April,” katanya.

Arief menjelaskan rapat kesempatan ini semasing perwakilan peserta telah ajukan dua nama menjadi anggota team panelis atau ahli yang bekerja membuat pertanyaan untuk debat perdana. Dari KPU sendiri menyarankan tiga nama. Untuk debat selanjutnya akan dibicarakan selanjutnya.

Akan tetapi, kata Arief, beberapa nama itu tidak dapat diterbitkan sekarang ini sebab masih tetap menanti kesepakatan dari mereka.

“Jika mereka bersedia kita akan publikasikan,” kata Arief.

Tentang moderator debat, Arief menyebutkan itu akan dipastikan pada 26 Desember 2018 dalam rapat kordinasi KPU bersama dengan Bawaslu, alat, serta team semasing calon.

Sebelum debat perdana diselenggarakan, persisnya pada 9 Januari 2019, pihak KPU akan mengadakan penyampaian misi serta visi dari perwakilan semasing calon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *